English English


Daftar Isi | Games | Humor | Informasi | Internet | Motivasi | Movie | Musik | Tips | TV Online |
Kumpulan Gambar Batik Indonesia mungkin itu bisa dibilang sebagai gambaran bahwa kita mesti menjaga warisan nenek moyang lebih baik lagi, disamping banyak negara lain ingin belajar tentang batik ada juga negara secara tidak langsung ingin mengklaim warisan budaya kita ini. Memang tidak mudah bagi kita untuk menjaganya karena kesadaran diri pribadi lah menjadi faktor utama, apabila diri pribadi sudah tidak bisa melestarikan maka anak cucu kita pun sama halnya dengan kita sendiri yang tidak peduli dengan batik.

Mungkin dengan postingan ini setidaknya kita bisa mengingatkan kembali bahwa seni budaya asli jangan sampai ditinggalkan begitu saja, seandainya para pemilik website membuat postingan dengan judul Kumpulan Gambar Batik Indonesia mudah-mudahan viral tersebut menjadi sebuah pengingat bagi rekan-rekan kita yang belum sama sekali tentang batik.

Selain ingin memberikan sebuah curhatan mungkin saya akan menyajikan bahasan tentang batik itu sendiri, bagi kita sendiri mungkin tidak tahu apa yang dimaksud dengan batik atau bagaimana cara membuatnya. Kalau begitu akan saya berikan informasinya dibawah ini, tips dan artikel saya ambil dari situsnya wikipedia.

Batik sendiri adalah seni warisan dari tanah jawa khususnya sejak jaman dulu, sejarahnya batik dibuat oleh para wanita jawa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari (sembako) maka dari itu seni membuat batik menjadi sebuah pekerjaan eksklusif sampai ditemukannya seni "Batik Cap" kemudian laki-laki juga mampu membuatnya.

Cara Pembuatan Batik Indonesia

Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

sumber wikipedia


Dibawah ini adalah beberapa jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Batik Pekalongan

Batik Pekalongan
Batik Solo

batik solo
Batik Cirebon

batik cirebon
Batik Madura

batik madura

Batik Bali

Batik Bali

Video Youtube Pembuatan Batik Tulis Alus



Mungkin hanya itu saja yang bisa sampaikan pada kesempatan kali ini terkait Kumpulan Gambar Batik Indonesia, memang banyak sekali info yang bisa kita gali dan berikan kepada teman-teman namun wawasan saya tentang hal ini masih belum luas jadi admin cukupkan sekian dulu. Apabila ada pengunjung hanya sekedar ingin menanggapi hal ini silahkan berikan komentarnya dibawah, serta saya mengucapkan terima kasih apabila ada rekan-rekan ingin menambahkannya lagi agar cakupannya lebih luas.

[Image via Google Images]

0 comments

your comment Classic Form

You do not have a unique ID to comment? Use the option Name/URL, you can empty the URL box..
banner iklan

Keywords: , Informasi : Kumpulan Gambar Batik Indonesia
About | Contact Us | Privacy Statement | Google Sitemap
Copyright © 2014 Blogger Indonesia. Hosted on blogger.com.